Tujuh cara membujuk si kecil ke dokter gigi

Mom, sejak dua minggu lalu saya sudah beberapa kali mengajak si kakak untuk ke dokter gigi, tapi selalu ditolak, alasannya takut dengan dokter karena ada jarum suntiknya.

"Ummi, gigiku tidak disuntikkan? Tanya si kakak dengan ekpresi ragu dan khawatir.
"Tidak! Jawabku pelan sambil mengelus rambut dan menatapnya ramah.
"Tapi, saya takut,ummi!"Keluhnya.

Ya, sudahlah, kudiamkan beberapa hari, lalu kemudian membujuknya kembali. Kemarin, si kakak akhirnya mau ke dokter gigi tanpa paksaan apapun.



Berikut tujuh cara membujuk anak agar mau ke dokter gigi dengan ikhlas:

1. Ketika Mom menemukan bahwa gigi susunya mulai goyang, itu signal bahwa si kakak sudah tumbuh besar, ucapkanlah terus menerus bahwa dengan tumbuhnya gigi baru berarti kakak sudah menjadi anak yang hebat,itu artinya kakak di sayang oleh Tuhan,karena diberi gigi baru.Ucapkan berulang-ulang, sampai kalimat itu bisa diulangnya kembali.

2. Ceritakan bahwa Mom juga selalu ke dokter gigi, tunjukkan bukti bahwa gigi Mom juga pernah dirawat dokter gigi.

3. Perlihatkan video-video anak pemberani yang sedang di dokter gigi.

4. Ajak diskusi, jika besar akan jadi apa? bukannya setiap harapan dan cita-cita anak akan lebih baik jika memilki gigi yang sehat dan bersih.

5. Dalam perjalanan pulang setealah menjemput si kakak dari sekolahan, sengajalah lewat depan klinik dokter gigi langganan, dan sebutkan nama dokter gigi yang paling ramah di klinik tersebut. Ceritakan kembali, bagaimana dokter akan mencabut giginya dengan sangat pelan tanpa rasa sakit.

6. Perkenalkan si kakak alat-alat yang akan digunakan saat proses pencabutan gigi lewat gambar, kalau perlu usahakan alat "mainan"itu sering dimainkan bersama adiknya.

7. Jika cara dari nomor satu sampai enam belum berhasil, bisa coba menyogoknya dengan es krim, atau mainan apapun yang dia sukai. tapi karena si kakak suka buku stiker, yah, ke toko bukulah kita tiga hari yang lalu

Oke, Mom, itulah beberapa cara yang bisa saya bagikan seputar membujuk anak ke dokter gigi. TENTU, tiap ibu akan memiliki cara yang berbeda-beda, tulisan ini hanya satu dari sekian banyak cara menbujuk anak ke klinik gigi, atau ke dokter gigi.

Semoga bermanfaat!

Sumber: www.momketjeh.blogspot.co


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pembelajaran Level HOTS dan Asesment Dalam Penerapan K13

Teknik Membuat Komik Pembelajaran

Usia 10 tahun, siswa masuk fase pubertas. Guru jangan cuek!

Trik Memilih Model Pembelajaran Direct Instruction pada Kurikulum 2013

Dilema Guru Kelas 5 SD