Download Soal HOTS Pkn Tema 9 Siswa Kelas V SD

5/08/2019 Yusmira Yunus 0 Comments



Penerapan Soal HOTS tahun ajaran 2018/2019 mulai diterapkan di Ujian Nasional tahun ini. Mengingat beberapa tahun belakangan, soal Ujian Nasional kelas enam mangambil kisi-kisi irisan soal KTSP dan soal Kurikulum 2013. Soal yang diujiankan masih bertaraf LOTS (Low Order Thingking Skill), dan hanya beberapa soal saja yang mengandung unsur syarat soal HOTS.

HOTS adalah singkatan dari Higher Order Thingking Skill, merupakan taraf berpikir kritis yang mendorong kemampuan siswa untuk berpikir lebih aktif dan kritis. Siswa diajak berfikir melalui beberapa tahap kognitif sehingga mencapai tujuan yang ingin dicapai.

Soal level HOTS bukan hanya menggiring siswa untuk mengetahui konsep suatu ilmu tetapi siswa diarahkan untuk menerapkan dan mengaplikasikan konsep tersebut dalam studi kasus atau dalam permasalahan di kehidupan sehari-hari. Siswa mampu merangkai, membuat atau bahkan menciptakan sebuah produk dari hasil internalisasi konsep pengetahuan dan keterampilan yang telah dimiliki. Siswa yang dapat menganalisa suatu permasalahan dapat dikatakan bahwa siswa tersebut mampu berfikir HOTS.

Penekanan Soal HOTS diantanya:

1.    Dapat mentransfer konsep ke konsep lain berdasarkan kasus kontekstual

2.    Dapat memilih satu konsep dan beberapa konsep dalam menyelesaikan permasalahan

3.    Dapat menghubungkan masalah yang berbeda lalu membuat kesimpulan disertai sudut pandang berbagai ilmu pandangan lalu menyimpulkan dengan  pendapatnya sendiri

4.    Dapat menguji informasi atau gagasan

5.    Menilai, mengkrisi informasi berdasarkan fakta dan teori

6.    Dapat menginterpretasikan suatu informasi

Sedangkan Penekatan dalam pembuatan soal HOTS sebagai berikut:

1.    Penalaran informasi bukan ingatan

2.    Ekplorasi dan analisis

3.    Pertanyaan dan jawaban

Download contoh soal Esai HOTS kelas 5  di bawah ini:

1. Contoh Soal HOTS PKn Tema 9 kelas 5 SD

0 komentar: